CURHAT


Bagi anda yang mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan perkuliahan/penyelesaian studi  ataupun masalah pribadi lainnya, silahkan tumpahkan unek-unek anda pada kolom ini. InsyaAlloh akan ditemukan solusinya.

117 Comments

117 thoughts on “CURHAT

  1. Banjar, 8 April 2010
    Yth, Prof. Deden

    Prof. Deden, maaf sebelumnya saya sudah kenalan, saya Wawan Suganda, Lahir di Tasikmalaya, 28 Januari 1960 (50 thn) CV. Lulusan STIA Tahun 1988, pernah bekerja : PNS DPUP. Prov. Jabar 1980-1984, PT. Dirgantara Indonesia 1985-2004 (18 th) Bekerja dan sekolah di BOEING SEATLE, USA, 1993, Konsultan Training Management & Outsourcing MIPRO Jakarta 2006, Bisnis Alat Berat, Travel, Parawisata PT. CIPAGANTI sampai dengan sekarang, Dll, Maaf Prof, saya memang sangat sibuk dengan pekerjaan, kadang juga sebagai konsultan memberikan materi tentang Management, Leadership, HRD, Payroll System dibeberapa perusahaan di Bandung-Jakarta, juga sebagai konsultan DEPERINDAG dibidang Pembinaan Usaha Kecil Menengah seperti Health Safety & Environmental, 5 K, ISO, OSHAS dll, saya sekarang menimba ilmu dengan Prof. di UNSIL sebagai mahasiswa Pasca Sarjana MM, mudah-mudahan Prof, dapat membimbing saya minimal dalam email ini, agar saya dapat menyelesaikan kuliah MM ini, saya semata-mata betul ingin menimba ilmu bukan untuk jabatan semata, Time Management lah yang saya butuhkan sekarang, bagaimana mengatur kuliah, bisnis, keluarga, profesi, demikian CURHAT saya prof. Terimakasih

    Wawan Suganda
    NPM.098334043

  2. Ass. Prof
    saya dulu pernah kul di MM unsil angkatan Drg. Cecep, Bu Susi (Istri H. Arif), Pa Yusuf Abdullah, M Nurdin, klo gak salah dulu angkatan pertama MM Unsil.
    dulu saya ada mslh pribadi terutama mslh keuangan, jd dengan terpaksa meninggalkan studi.
    alhmdlah skrg kondisi sudah normal kembali, dan kbetulan saya keterima PNS di Dinas Pertanian Kota Banjar.
    saya bermaksud melanjutkan studi saya.
    mgkn saya harus mulai dari awal ya Prof.
    wass

    • Selamat sudah menjadi PNS. Untuk melanjutkan di MM, hubungi saja ketua Prodi MM Pak Dr. Ade Komaludin, saya tidak lagi mengelola di MM. Menurut saya tidak dari nol, karena untuk mata kuliah yang sudah ditempuh dan lulus masih tetap bisa diakui. Semangat untuk melanjutkan studi harus tetap tertanam. Dicoba ya menghubungi Pascasarjana Unsil.

  3. Ass Wwb Prof,,,

    Pertama2 sy ucapkan selamat & kebanggaan sy selaku teman seangkatan atas keberhasilan anda mjd Prof & jg teman2 lainnya dlm usaha memajukan & menjadi pilar pelopor yg membesarkan serta mengharumkan nama Unsil! Its so fantantic!
    Dan bisa kembali bertemu di Blog ini setelah sekian puluh tahun, merupakan kebahagiaan tak terhingga!

    Selepas tamat S1 UNSIL, thn 1988/89 – sy lgs brgkt & bekerja di Jkt. Saat ini sy bekerja di Perusahaan Global Retail: LOTTE Mart (d/h Makro Cash & Carry)sbg Store General Manager. Selain itu, setiap hari Sabtu sy pun mengajar MK Manajemen Distribusi, di Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti.

    Senang skl rasanya apabila kita bs kembali bertemu & mendptkan tambahan ilmu2 pengetahuan baru & berdiskusi ttg business dgn slrh teman2,,, Ade Komaludin, Kartawan dsb,,

    Smg Allah SWT memberikan jalan & wkt kt utk bs bertemu lagi,,,
    Amien,,,

    Salam hangat utk teman2 di UNSIL & juga utk para Dosen2 kita terdahulu,,,

    Riza Hidayat

    • Ass. wr. wbr.,

      Alhamdulillah, saya senang sekali mendengarnya Riza jurusan Studi Pembangunan? kerabat isteri saya (Teni A)?
      Ma’af nanti disambung lagi.
      wassalam.

      • ww wb,,,
        Betul skl Prof. Trm ksh atas respon nya.
        Salam hangat utk istri anda Teni Anjungsari.
        Sy kl liburan lebaran msh sk plg kampung ke Tasik, di Gn Pongpok.

        Sukses selalu,
        Wass, RH

  4. Bandung, 15 Juli 2010
    Yth. Prof. Deden

    Salam

    Prof..maaf saya mahasiswa MM, saya menghadapi kendala dalam mata kuliah MKPK, sehingga sedikit stress dalam menghadapinya, bagaimana cara agar dapat memahaminya.
    Terima kasih Prof.

    Wawan Suganda
    098334043

    • Metode Kuantitatif dan Pengambilan Keputusan (MKPK)bagi program MM merupakan mk. Yang penting., yang dipelajari tentunya secara kuantitatif untuk memecahkan permasalahan baik itu yang deterministik maupun yang probabilistik perlu dilakukan, tapi semua itu dapat dilakukan dengan bantuan computer. Justru yang paling penting adalah bagaimana memanfaatkan hasil perhitungan tersebut sebagai dasar pengambilan keputusan. Jadi sesungguhnya jika berbicara pengambilan keputusan yang baik adalah sudahkah menggunakan informasi yang berkualitas. ……

  5. Ass ..
    Pa mau tanya, judul skripsi konsentrasi keuangan angkatan 2007 yg pngn di bimbing sm bapa ada kebebasan dlm memilih judul apa ada spesifikasinya ??

    An’nisa Rismaningsih
    Manajemen keuangan 07
    073402147

    • Usahakan minimal anda mengajukan judul 3 buah, nanti kita diskusikan mana yang paling fisibel.

    • Dalam ketentuan sudah jelas, persyaratan menyusun skripsi semua perkuliahan harus sudah selesai. Tapi seandainya untuk kepentingan perbaikan nilai artinya pernah ditempuh dan mendapatkan nilai mungkin saja bisa, hanya ada konsekwensi klu skripsinya sudah disetujui pembimbing belum bisa diujikan, karena harus menunggu keluar nilai mk yg anda ikuti. Untuk lebih jelasnya, anda bisa konsultasi dengan jurusan.

  6. Ass Wr Wb..

    Prof,,saya pernah mendownload salah satu artikel bapa yang merupakan materi kuliah manajemen keuangan. Saya saat ini bekerja di PT. Dirgantara Indonesia sambil melanjutkan kuliah S2 saya di UPI,,programm yang saya ambil berkonsentrasi di Manajemen Keuangan. saya senang membaca materi-2 yang tulis. Terima kasih,,banyak sumber untuk belajar..
    kira-2 saya masih bisa untuk mengajar jadi dosen tidak ya prof…??

    • Saya kira sangat mungkin, seperti diketahui berdasarkan undang-undang guru dan dosen, salah satu syarat untuk menjadi dosen adallah berijazah S2 yang relavan.
      Kalau boleh saya tahu kuliah di UPI mengambil FE (murni) atau keguruan? Tamatkan saja dulu S2nya nanti dicoba ajukan aplikasi untuk jadi dosen.

  7. Pak Deden Yth,

    Saya tertarik dengan penelitian Bapak berikut ini:
    The Influence Of Asset Allocation Policy On The Performance Of Contractual Type Open-End Investment Fund

    Dimana saya bisa membaca full version-nya?

    Terimakasih Pak, ditunggu jawabannya

    Regards,
    -hendro-

    • 说道:ppte5ˆ†e4baabefbcše5a6‚e4bd•e6ž„e6žb6e5’Œe7aea1e790†e4b8aae4babae7š„e7Ÿa5e8af†e4bd“e7b3bb e59d8fe4babaefbcŒ I was suggested this wtibsee by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks! your article about ppte5ˆ†e4baabefbcše5a6‚e4bd•e6ž„e6žb6e5’Œe7aea1e790†e4b8aae4babae7š„e7Ÿa5e8af†e4bd“e7b3bb e59d8fe4babaefbcŒ Best Regards Agata Rolf

  8. Assalamualaikum wr.wb.

    Yth Bapak Prof. Deden,

    Mohon maaf Pak, sebelumnya saya mengucapkan selamat atas keberhasilan yang Bapak raih. Saya bermaksud untuk mengajukan lamaran sebagai tenaga dosen tetap manajemen apabila masih memungkinkan. Setelah lulus MSi bidang manajemen SDM dari Unpad tahun 2003, saya alih profesi sebagai praktisi pengembangan SDM dan Logistik di PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan resign 2010. Saat ini saya sedang menjalani program Doktor dan MM bidang Manajemen yang diperkirakan 2013 selesai. Mohon arahan dari Bapak dan sebelumnya saya mengucapkan terimakasih.

    Hormat saya,

    Aditya Wardhana, SE, MSi
    Alumni Pascasarjana UNPAD Angkatan 1998.

    • Peluang untuk menjadi dosen bidang manajemen, sy kira masih terbuka peluangnya terutama di PTS. Seperti diketahui persyaratan utama untuk menjadi dosen minimal pedidikan S2.
      Anda sudah mendapatkan hal tersebut, linier lagi, itu sangat bagus, untuk prosfek kedepannya, apalagi sekarang sedang S3. Dicoba saja ya……

  9. assalamu alaikum w.w

    Pa saya dari manajemen B’08 yang kebetulan dosen walinya Bapa’..
    mao menanyakan masalah kontrak mk.kombis.
    awalnya kata bu elis harus d kontrak,,tapi ada susulan pemberitahuan kalo kombis ga usah di ambil bagi yang sudah menempuh 141sks sama yang sekarang..
    jadi saya sama yang lain pada di bataln…
    yang saya takutkan nanti kalo nysun skripsi malah kombis harus di ambil..
    bgmana pa???sedangkan kprs sudah ditutup…..
    makasi…

  10. ass…
    pak saya mau bertanya temtang currency swap, dalam currency swap yang dipertukarkannya adalah aliran arus kas. jadi wujud konkret dari arus kas terssebut bagaimana? apakah harus 2 mata uang yang berbeda? dan kenapa currency swap digunakan??

    • A currency swap is a foreign-exchange agreement between two parties to exchange aspects (namely the principal and/or interest payments) of a loanin one currency for equivalent aspects of an equal in net present value loan in another currency. Currency swaps are motivated by comparative advantage. A currency swap should be distinguished from a central bank liquidity swap.
      Currency swaps are over-the-counter derivatives, and are closely related to interest rate swaps. However, unlike interest rate swaps, currency swaps can involve the exchange of the principal.
      There are three different ways in which currency swaps can exchange loans:
      1. The simplest currency swap structure is to exchange only the principal with the counterparty at a specified point in the future at a rate agreed now. Such an agreement performs a function equivalent to a forward contract or futures. The cost of finding a counterparty (either directly or through an intermediary), and drawing up an agreement with them, makes swaps more expensive than alternative derivatives (and thus rarely used) as a method to fix shorter term forward exchange rates. However for the longer term future, commonly up to 10 years, where spreads are wider for alternative derivatives, principal-only currency swaps are often used as a cost-effective way to fix forward rates. This type of currency swap is also known as an FX-swap.
      2. Another currency swap structure is to combine the exchange of loan principal, as above, with an interest rate swap. In such a swap, interestcash flows are not netted before they are paid to the counterparty (as they would be in a vanilla interest rate swap) because they are denominated in different currencies. As each party effectively borrows on the other’s behalf, this type of swap is also known as a back-to-back loan.
      3. Last here, but certainly not least important, is to swap only interest payment cash flows on loans of the same size and term. Again, as this is a currency swap, the exchanged cash flows are in different denominations and so are not netted. An example of such a swap is the exchange of fixed-rate US dollar interest payments for floating-rate interest payments in Euro. This type of swap is also known as a cross-currency interest rate swap, or cross-currency swap.

  11. Ass. Wr. wb.
    Saya mahasiswa angkatan baru Prof di MM, dengan latar belakang saya bukan dari Ekonomi tapi dari hukum Islam, saya sempat ragu bisakah saya beradaptasi dan menyerap kuliah S2 MM, dan awal-awalnya saya stress juga. Tapi dengan niat yang kuat dan atas bimbingan semua dosen yang baik-baik, telaten dab penuh perhatian terutama dari Prof, mudah-mudahan saya dapat melaluinya. Aamiin. Oleh karen itu, mohon bimbingannya Prof dan do’anya.

    Abdul Basor, PPs MM

  12. Ass. Wr. Wb.

    Prof. Deden yang terhomar, terimakasih Prof telah menyediakan uraian silabi mata kuliah dan materinya, kalau tidak keberatan Prof. tolong sharing juga untuk mata kuliah MSDM untuk S2 MM. Terimakasih sebelumnya.

  13. Ass.Wr.Wb
    Prof,mohon maaf saya mahasiswa baru MM mau bertanya mengenai tugas kelompok untuk membuat makalah SIM. Sebagaimana yang ada di silabi apakah dipilih salah satu atau semuanya.Terimakasih atas perhatiannya.

  14. Semoga dengan materi berbahasa ingris menjadi pemacu dan koreksi bagi saya, bahawa kemampuahan berbahasa asing itu sesuatu yang tidak bisa dilepaskan di masa sekarang ini, setidaknya ini bukan menjadi beban bagi kami tetapi merupakan motivasi untuk terus menggali kemampuhan berbahasa ingris,

  15. Asslkm,
    Saya mahasiswa baru di MM unsil. Sebelumnya saya lulusan UPI jurusan pendidikan Akuntansi. Pada awalnya saya sangat tidak menyukai mata kuliah yang berhubungan dengan manajemen (kecuali Manajemen keuangan, yg menjadi salah satu mata kuliah favorit) karena pembahasannya sangat teoritis, tdk applied.

    Setelah saya melihat mata kuliah yang ditawarkan di MM Unsil, saya menjadi sangat tertarik, karena pengalaman saya yang pernah bekerja di pers swasta, dan beberapa masalah kompleks yang membutuhkan solusi di tingkatan manajemen. beberapa mata kuliah menurut saya sangat mendukung untuk mencari solusi tersebut. Karenanya, saya ingin benar2 mempelajari Manajemen ini bukan hanya sekedar teori.

    dan saya senang dengan adanya blog ini, karena saya bisa melihat bahasan yang akan dipelajari dari salah satu mata kuliah.
    Semoga bukan hanya Manajemen Keuangan dan SIM saja yang disediakan “contekannya” tapi juga mata kuliah lain khususnya mata kuliah yang “Manajemen banget”.

    Terima Kasih,,

  16. assalmamkm…
    saya sempat punya niat untuk berhenti kuliah, karena saya tidak bisa melaksanakan ujian susulan,
    saya tidak ikut 4 mata kuliah, karena saya naik haji, padahal saya sudah ijin,hanya saja saya ijin 45hari, ternyata 50hari, dikarkenakan saya sakit (penyakit kulit) dan sayatidak pergi ke dokter, jadi tidak ada surat keterangan dari dokter,.
    sampai saat ini, saya kadang terusbertanya, kenapa saya mesti tidak dapat nilai, gara-gara tidak masuk 4hari padahal itu sakit, dan hanya saja saya tidak ke dokter…
    akhirnya saya mesti kuliah lebih dari empat tahun…
    semoga saja saya diberi kesabaran dan keikhlasan….

    • Maksudnya untuk mata kuliah yang saya bina? Sudahkah anda menghubungi saya dan mengemukakan permasalah ini?

  17. Prof.! Saya telah sidang usulan penelitian dengan judul Pengaruh IQ,EQ dan SQ terhadap Kinerja, untuk masalah penilaian kinerja oleh atasan langsung bagaimana cara pengolahan datanya karena jumlah atasan langsung tidak sebanyak jumlah sampel yang telah ditentukan?

    • Yang diolah hasil penilaiannya sebanyak yang dinilai, tidak jadi masalah kalaupun atasan langsungnya hanya seorang.

  18. assalamualaykum..pak maaf sebelumnya..saya sri dari manjemen 2010..alhamdulillah kuliah saya semester ini sampai jg di tingkat kulminasi..gagal..seminggu saya mengikuti perkuliahan..saya gag bisa bertahan melihatt kondisi ekonomi keluarga..sedangkan warning pamplet ttg batas waktu pembayaran sks sudah berkibar dimana2..q sudah bingung..disisi lain saya mau melanjutkan kuliah tapi ability saya buat bayar kewajiban..nihil..saya coba konsultasi ke pak edi suroso bermaksud mengajukan beasiswa minimal bisa bantu saya mertahanin kuliah saya selama satu semester ini..tp..ikhtiar itu nihil jg..padahal seingat saya,beliau pernah bilang bahwa di semester 3 ini mahasiswa sudah punya hak untuk mendapatkan beasiswa dg syarat IP >3..tp saat saya konsultasi syarat nya tiba2 berubah..bahwa yng mengajukan beasiswa mesti rekomendasi dari himawa di jurusan..sedangkan kondisinya saya belum jadi aktivis di jurusan..padahal saya sudah jelaskan ke beliau kalo misalkan aktivis itu disyaratkan..saya juga seorang aktivis..saya aktiv di HMI..tp hal itu tak membuat jalan saya tiba2 mulus buat dapet beasiswa..sejak saat itu saya makin tambah bingung..akhirnya saya mutusin buat tidak mengikuti perkuliahan sejak minggu ke-3..keputusan iini saya buat karna memang saya TAU DIRI..toh kalo saya lanjutkan mengikuti perkuliahan tetap saja akhirnya saya gag bisa bayar..awalnya yang saya pikirkan saya gag berhak mendapatkan materi2 kuliah karna bercermin dari ketidakmampuan saya membayar nantinya..tp sekarang baru terasa..ternyata keputusan saya dulu salah..realitanya..meskipun hak saya mendapatkan materi kuliah tetap saja saya punya kewajiban buat menutupi seluruh biaya yang kepuasannya gag pernah saya dapat..alhamdulillah masalah malah timbul lagi..saya coba tempuh proses cancel sks saja..sejak keluar surat rekomendasi dari fakultas tgl10 sampai skrg..gag ada keadilan yang saya dapatkan..maaf pak,saya akui saya salah..prosedur mengatakan bahwa saya tetap punya kewajiban membayar semua..tapi apakah itu adil buat saya dan satu semster ganjil yang seharusnnya saya lewati..syukran pak..barakallahu fiik..

    • Salam,

      Sayang sekali anda baru menyampaikan permasalahnya sekarang, sekarang sudah melewati UTS. Adapun ajuan anda untuk pembatalan SKS saya kira bisa diproses, hanya saya mohon anda memonitornya kepada BAA. Mudah-mudahan semester depan anda bisa berkuliah lagi.
      Terima kasih.

      wassalam,

  19. sebelumnya sy mohon perkenalkan saya orang majalengka pak yang sedang kuliah s2 di Matematika UGM semester akhir.
    Tulisan bapak sangat menarik…
    saya sekarang sedang meneliti harga opsi dengan metode monte carlo..
    apa bapak pernah melakukan penelitian terhadap peruabahan harga opsi juga pk/? mungkin klo sudah pernah saya bisa menimba ilmu dari bapak tentang Opsi.

    • Penelitian mengenai harga opsi (option) saya belum pernah melakukannya, untuk mengetahui harga opsi terutama untuk call option atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan Wright mungkin bisa diperoleh dari bapepamlk.go.id atau anda bisa menghubungi dealer sekuritas terdekat. Kalau di UGM anda bisa menghubungi Pojok Bursa Efek, saya kira di UGM pasti ada. Selamat meneliti….

  20. terimakasih atas responnya pak.
    klo pojok bursa iya setahu saya ada di gedung MM UGM.
    tapi saya rencananya meneliti bursa luar pak karena saya bahas tipe america dan europa nya,,,

    oh iya pak boleh sya bertanya lagi .. pak ijin curhat lagi yach..
    kali ini tentang obligasi, mau bertanya secara bahasa sederhana convexcity diartikan sebagai apa ya pak?
    dan untuk menghitung durasi selain dengan rumus durasi Macaulay dan durasi modifikasi ada rumus lain tidak pak ya? masalahnya saya melakukan penelitian tentang perubahan harga obligasi yang didekati dengan durasi dikalikan dengan perubahan yield nilainya tidak sama secara signifikan.
    trimakasih pak

    • Obligasi (bond) berkenaan dengan istilah comfexity secara harfiah adalah menggelembung, artinya obligasi yang nilai bisa bertambah terutama pada saat ditransaksikan, tetapi pada saat jatuh tempo tetap akan kembali ke nilai nominal. Untuk lebih jelasnya mungkin anda bisa klik https://deden08m.wordpress.com/materi-t-portfolio-an-inv/ pada bab 8 s/d 10, mudah2an bisa menjawab pertanyaan anda. Selamat belajar ya..

  21. iya sipp sy jadi paham apa yg dimaksud convexyti (cembung)
    bab 9 sudah sy baca Prof. dan sy ada pertanyaan lagi ini Prof.🙂
    hal 14, menghitung PV (factor) dalam perhitungan durasi Prof. pakai rumus apa yach saya pake rumus Present Value yang ada gak dapat nilai yang sama dengan di tabel Prof.
    trims

    • Seperti diketahui yang dimaksud Durasi merupakan jumlah tahun yang diperlukan untuk bisa mengembalikan harga pembelian obligasi tersebut. Durasi diukur dengan menghitung rata-rata tertimbang maturitas aliran kas obligasi, berdasarkan konsep nilai sekarang (present value). Sudah tepat yang telah anda lakukan coba telaah lagi, gunakan saja rumus Durasi Macaulay, dicoba ya….

  22. Bandung, 13 Feb 2012
    Yth. Prof. Deden

    Prof. Deden, maaf sebelumnya saya perkenalkan diri dulu, saya Henry lahir di Bandung 23 Juni 1984 (27 yahun) lulusan SE (manajemen operasi) dari Universitas Kristen Maranatha tahun 2007 dan MM (manajemen bisnis) dari Universitas Katolik Parahyangan tahun 2012. Saya berminat melamar menjadi dosen tetap di FE Unsil dan saya butuh informasi mengenai prosedur melamar dosen di Unsil. Terimakasih.

    Salam hangat,
    Henry, SE, MM

    • Silahkan coba saja ajukan lamaran ditujukan kepada Rektor dan up. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi.

  23. Assalamualaikum..

    Pa, mohon bantuannya, saya ingin menambah referensi buat skripsi tentang Dividen Per share, Earning Per Share dan pengaruhnya terhadap harga saham.

    Terima kasih.

  24. ass.wr.wb mohon maaf prof minta bantuannya, saya tertarik membaca tentang redenominasi rupiah, apakah mungkin indonesia bisa melakukan seperti negara turki? mungkinkah kita bisa sejajar nilai mata uang kita dengan negara lain? Rp 1 = USD 1, atau minimal jgn sampai ada nol nya 3 digit.betapa bangga kalau tercapai. terimakasih

  25. 说道:An impressive share! I have just fowarrded this onto a friend who has been doing a little homework on this. And he in fact bought me breakfast due to the fact that I stumbled upon it for him lol. So allow me to reword this . Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to discuss this subject here on your website.

  26. ass.wr.wb
    Pa,saya mau minta sarannya.saya mahasiswi jurusan manajemen fakultas ekonomi kelas karyawan angkatan 2009. Waktu semester 5 saya kontrak mata kuliah akuntansi biaya. Tetapi diakhir semester nilai saya tidak muncul,dikarenakan alasan nya tidak ikut UTS. Setelah dikonfirmasi dengan bapak,akhirnya diketahui kalau saya mengikuti UTS maupun UAN. Akhirnya nilai dari bapak pun muncul. Tetapi sampai saat ini nilai itu belum masuk ke sistem pak. Nilai saya masih kosong ( – ).Itu tentu berpengaruh untuk jumlah mata kuliah yang saya ambil. Saya sudah konfirmasi ke bapak dan ternyata Nilai sudah di berikan kepada pengurus administrasi kelas karyawan di fakultas ekonomi. Namun sampai saat ini nilai masih belum keluar juga pak. Sekarang saya semester 7. Masih ada nilai yang belum keluar. Kasus nya mirip seperti ini pak.Mohon bantuan saran nya pak.
    Terimakasih pak.

    • Kalau sudah konfirmasi dengan saya dan nilainya sudah muncul, ke SIMAK mungkin belum dimasukan oleh petugas, tunggu saja, mengingat untuk pemasukan nilai ke sistem tidak sembarangan, ada limit waktu yang ditentukan, untuk kasus ini nanti diselesaikan dengan permohonan dekan untuk entry nilainya.
      Betul pasti berpengaruh pada pengambilan sks yang harus ditempuh. Untuk kasus lainnya, saya sarankan komfirmasi saja dengan pengampu mata kuliahnya, jangan dibiarkan, nanti anda rugi sendiri, tanyakan terus sampai mendapatkan jawaban yang pasti. Bersabar ya!

  27. assalamu’alaikum wr,wb.
    pak, ini Sani Fauzi Rahman, alumni unsil jurusan manajemen konsentrasi keuangan dan pernah menjadi mahasiswa bapak selama d konsentrasi keuangan, dan baru bulan mei 2012 lulus kemudian saya langsung keterima kerja d PT. San-N Garmindo sebagai SPV bagian keuangan. tp selama 3 bln saya d training di PT. Hini Daiki Indonesia. curhat nih pa, PT. San-N adalah perusahaan yg baru berdiri, belum beroperasi.. sedang dalam proses perizinan pembangunan. di targetkan februari 2013 mulai beroperasi.
    yang saya tanyakan, bagaimana pencatatan akuntansi perusahaan yg baru berdiri, dan blm beroperasi tentunya pengeluaran sangat banyak dan blm ada pendapatan, dan katanya, pengeluaran pada tgl. sebelum berdiri yg tertera dlm akte perusahaan dengan setelah berdiri, berbeda. sebelumnya saya berterimakasih atas perhatian bapak. di tunggu balesannya pak.

  28. assalamu’alaikum wr,wb.
    maaf Prof saya mau minta sarannya. saya di Fakultas Ekonomi kelas sore. jadi gini prof, saya sekarang tinggal kontrak skripsi, kan syarat skripsi itu administrasi harus sudah beres dan nilai pun harus sudah muncul semua, padahal saya sudah membayar administrasi ke Pa NUrdin tapi pas di cek di BPR katanya saya belum melunasi administrasi.otomatis kan nilai ga muncul dan ngontrak skripsi pun tertunda, sedangkan saya harus cepat membereskan skripsi saya karena posisinya saya sudah kerja si luar kota. jadi menurut prof saya harus gimana?

    terimakasih,

    • Sebaiknya seluruh pembayaran dilakukan langsung oleh mahasiswa ke bank, jangan dititipkan, hanya mungkin kendalanya untuk kelas sore waktunya terbatas. Sudah saya sarankan ke fe agar setiap hari jum’at sore dan sabtu ada petugas bank yang standby melayani pembayaran mahasiswa, tapi nampaknya belum juga dilaksanakan. Saya sarankan anda hubungi terus ybs dan tidak ada salahnya dikonsultasikan dengan ketua jurusan atau pimpinan fakultas sampai tuntas, jangan dibiarkan. Jangan sampai merugikan diri sendiri, harus diurus ya….

  29. padahal saya selalu hubungi ybs alasan beliau di keuangan nya belum di input k sistem katanya. yang mau saya tanyain, apa benar kejadian seperti itu bisa terjadi prof?
    saya sih bisa percaya karena bukan saya saja prof kasus seperti ini, temen saya pun ada yang seperti ini, tapi dia kontrak mata kuliah, malahan dia belum bisa ambil mata kuliah katanya!

    terimakasih prof atas saran nya,,

  30. Banjar, 4 Oktober 2012
    Yth. Prof. Deden

    Ass. Wr Wb

    Prof..maaf saya mahasiswa MM semester II, saya menghadapi kendala dalam menentukan jurusan. Saya pertama kali masuk PPS Unsil ingin masuk di Manajemen Keuangan, Namun rekan-rekan lain rata-rata masuk di SDM dan Marketing. Bisakah saya masuk di Manajemen Keuangan meskipun hanya 2 orang?

    • Secara prinsip bisa saja, hanya silahkan diskusikan saja dulu dengan Ketua Prodi dan Asddir I.

  31. Kahatur Bpk. PROF. DR. DEDEN MULYANA, SE., M.SI
    Salah kehormatan Islam….. Kenalken nami sim kuring Iyus Rusmana, S. Pd, salah seorang mahasiswa baru Pasca Sarjana Prog. PKLH Tahun Ajaran 2012/2013. Unit Kerja saya SMP Negeri 1 Salawu. Hatur nuhun.

  32. assalamualaikum Bpk. PROF. DR. DEDEN MULYANA, SE., M.SI.
    kenalan dulu ya pak,, Nama saya Endah Suciawati, S.Pd, yang sekarang menjadi seorang Mahasiswa baru di pasca prog PKLH tahun ajaran 2012/2013. Saya baru bekerja di SMPN 1 Bungbulang Garut, sebelumnya saya baru lulus dari jurusan biologi bulan mei kemarin. terima kasih.

  33. assalamualaikum Bpk. PROF. DR. DEDEN MULYANA, SE., M.SI. Perkenalkan nama saya Irfa Arvian Rizky, S.Pd yang sekarang menjadi seorang Mahasiswa baru di pasca prog PKLH tahun ajaran 2012/2013. Saya sudah bekerja di MTs As-Surur Tasikmalaya, sebelumnya saya baru lulus dari jurusan biologi bulan mei kemarin. terima kasih.

  34. assalamualaikum Bpk. PROF. DR. DEDEN MULYANA, SE., M.SI.
    Perkenalkan nama saya Irfa Arvian Rizky, S.Pd yang sekarang menjadi seorang Mahasiswa baru di pasca prog PKLH tahun ajaran 2012/2013. Saya baru bekerja di SMPN 1 Bungbulang Garut. Sebelumnya saya baru lulus dari jurusan biologi bulan mei kemarin. Terima kasih. ^_^

  35. ass wr wb.

    saya Erik rudiansah latar belakang pendidikan saya akuntansi unsil lulus 2011.
    mohon bimbingan dan arahan dari prof deden dalam proses perkuliah dan bimbingan tesis pascasarjana MM .terimakasih

  36. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Perkenalkan nama saya Hardiyan Sumardiyana, saya mahasiswa baru di PPS Unsil. Kebetulan sudah 2 hari ini saya mengikuti matrikulasi yang diantaranya materi Pengenalan Komputer dan Internet. Di dalam materi di atas kami disuruh untuk memperkenalkan diri kepada bapak melalui e-mail yang bisa dicari di site bapak ini, tetapi e-mail yang harus dicari tersebut tidak bisa saya temukan. Mungkin bapak bisa memberikan kami alamat e-mail bapak. Terima kasih…

  37. Ass.wr.wb.
    Perkenalkan saya Leila Sari, Prodi PKLH, telah hadir pada matrikulasi pengenalan internet.
    Demikian yang saya sampaikan.

    Wassalam,

    Leila Sari

  38. assalamuaiaikum.. Saya Kurniawan mahasiswa baru pascasarjana program studi magister managemen ( konsentrasi manajemen pemasaran ). Dengan adanya matrikulasi pengenalan internet ini saya rasakan sangat membantu dalam pembelajaran. terimakasih

  39. assalamu’alaikum… pak saya mahasiswa akuntansi unsil tahun 2012, alhamdulillah saya di percaya untuk mengembangkan lembaga atau organisasi di luar kampus yaitu skcf (sanggar karya cipta film) entertainment di tasimalaya, dalam pengembangan ini kami terbentur dengan sarana dan prasarana serta finansial untuk mengembangkan semua itu, kami minta solusi dari bapak untuk mengatasi itu semua pak. bagaimana memecahkan permasalahan ini. kalaupun bapak ingin jadi donatur atau sponsor kami kami dengan senang hati menampungnya pak.🙂
    ini blog mikik kami pak http://skcfentertainment.wordpress.com/ atau bisa hubungi saya pak di nomor 085771234838
    kami ucapkan terimakasih.

    • Selamat atas keberhasilan anda dipercaya menjadi top leader di skcf!
      Untuk pengembangan suatu usaha, pertama-tama coba anda lakukan Analisis SWOT, supaya mudah menetapkan strategi apa yang harus dilakukan sehingga tindakanpun bisa lebih terarah. Tentu termasuk di dalamnya cara-cara untuk mendapatkan pendanaan.Action yang paling instan sebaiknya buat saja fisibility study untuk menggarap salah satu produk/kegiatan, kalaupun tidak murni bisnis, saya kira perlu dilakukan. Ini penting dibuat, karena pihak sponsor, donatur atau pihak manapun yang peduli pasti memerlukannya. Dicoba ya…

  40. assalamu alaikum prof..
    saya sangat tertarik dengan mata kuliah SIM, dan pada saat ini saya sangat membutuhkan ilmu ini, namun yang sangat saya butuhkan saat ini adalah aplikasi dilapangan, dimana kebutuhan tentang sistem informasi,database,dan proses transaksi keuangan
    secara materi saya paham,tapi dalam hal ini saya btuh bantuannya dalam pembuatan software tentang transaksi tersebut, mungkin prof bisa bantu atau ada referensi saya harus meminta bantuan siapa/perusaan mana??
    ” saya bekerja di upk/pnpm,,,kuliah kelas sore pa

    • Untuk pembuatan software, referensinya saya kirimkan via email. kurang elok bila disampaikan disini.

  41. Dear Prof. Deden,

    Saya membaca modul akuntansi biaya 2 anda .. dan pada halaman 3 (Perhitungan Selisih Biaya) ada singkatan :
    – H ssg
    – H std
    – KN
    – TT dan TV

    bolehkah mendapatkan pencerahan .. kepanjangan dari apakah mereka ?

    Thank you very much prof.
    Rini Djamaludin
    ri

    • Yang dimaksudkan adalah:
      Hssg = Harga sesungguhnya
      Hstd = Harga standar
      KN = Kapasitas Normal
      TT = Tarif Total (untuk biaya overhead)
      TV = Tarif Variabel (untuk biaya overhead)
      Mudah-mudahan jelas, terima kasih.

  42. assalamu’alaikum wrwb.
    Prof.. saya mau ujian susulan waktu UTS saya sakit jadi tidak mengikuti.. surat dari prodi sudah ada, kapan saya bisa menyerahkan surat itu kepada prof.. terima kasih..

  43. ass pak,, saya ingin meminta bntuan bapak,,,

    dimana saya bisa mendapatkan proporsi alokasi aset untuk reksadana pak?

    skripsi saya tertunda karna saya tidak tau lagi dimana bisa mendapatkannya pak,,

    saya sangatt mengharapkan bantuan bapak,,,

    karna bapak sudah pernah meneliti tentang ini sebelumnya,,, terima kasih pakk…

    • Untuk mengetahui proporsi alokasi aset, bisa dilihat dari masing-masing prosfektus reksa dana.
      Informasi lainnya sudah dikirim via email….

  44. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Salam sejahtera,

    Yth. Prof Deden,
    Saya pernah bekerja di suatu perusahaan perbankan swasta, pada saat itu saya baru bekerja 3 tahun. Ketika akhir tahun perusahaan tersebut diberi pilihan oleh para pemegang saham yaitu pembelian mobil baru atau meningkatkan kesejahteraan pegawai (Bonus akhir tahun dan kenaikan gaji). Mobil inventaris tersebut masih layak pakai meskipun keluaran 1994, akhirnya Direktur Utama perusahaan tersebut memilih untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai.
    Saya ingin hubungkan kenyataan tersebut dengan materi MSDM, dimana dalam materi tersebut terdapat Tujuan MSDM yaitu Tujuan Organisasional, Tujuan Fungsional, Tujuan Sosial Kemasyarakatan dan Tujuan Personal. Yang ingin saya tanyakan mengenai Tujuan Personal, dimana tujuan tersebut lebih berhubungan dengan cara suatu perusahaan agar tujuan organisasi tercapai dan tujuan karyawan tercapai. Menurut Prof manakah yang harus diutamakan?(ketika suatu perusahaan tersebut dalam posisi sedang berkembang atau baru 6 tahun berjalan dengan posisi laba yang tidak terlalu besar), Sedangkan dengan pembelian mobil tersebut menurut pendapat saya dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan identitas perusahaan. Demikian curhat dari saya Prof, terima kasih;).

    DIMAS ARIF M
    NPM. 128334028

    • Untuk perusahaan yang sedang berkembang seperti itu, ada baiknya kesejahteraan karyawan lebih diutamakan, diharapkan para karyawan lebih termotivasi meningkatkan kinerjanya. Pembelian mobil untuk kepentingan operasional dengan diberi identitas tertentu juga penting sebetulnya, hanya apabila blm berkemampuan, saya kira identitas perusahaan bisa saja melalui media lain. Sementara untuk tujuan individu, biasanya seorang pejabat di perusahaan tersebut diberikan fasilitas mobil, biasanya enggan untuk diberikan identitas. Mudah2an jawaban ini sesuai Dan yg dikehendaki, tks.

  45. Pagi. Prof. Sy mahasiswi pasca bimbingan prof, sy mohon masukan untuk judul penelitian (pengaruh service excellent dan personal selling terhadap kepuasan nasabah serta dampaknya terhadap loyalitas nasabah pada Bank X) menurut prof. Deden bagaimana? Terimakasih sebelumnya.

  46. Ass. Prof saya ingin mahir dalam penggunaan Structural Equation Modelling (SEM) namun softwarenya (Lisrel) susah didapat, kalau di Prof ada, saya mau back up. Kebetulan untuk path analysis dan regresi dan korelasi berganda sudah saya kuasai. Terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikum salam, untuk software Lisrel saya ngga punya, saya rekomendasikan hubungi saja pa Dr. Dedi Rudiana, saya kira beliau punya.
      Kalau sudah memahami SPSS saya kira tidak akan kesulitan untuk penerapan SEM menggunakan Lisrel, dicoba ya….

      • Baik Prof terima kasih, saya coba menghubungi beliau

  47. Syalom slmt malam Prof,
    Prof, saya ingin meminta bantuan.
    saya sedang mencari referensi buku yang membahasa tentang beta sebagai alat ukur risiko sistematis/risiko pasar. dan ada buku yang menyatakan itu tetapi buku itu hanya merupakan suatu kumpulan pertanyaan untuk ujian profesi pasar modal.apakah bisa saya gunakan sebagai salah 1 referensi nantinya?
    apa bila prof mengetahui buku yang terkait,Mohon bantuanya.
    terima kasih prof

  48. Yth. Prof. Deden yg baik hati,

    Terima kasih telah membagi materinya, sgt mudah dipahami oleh awam & org umum spt saya.
    Saya akan ujian WMI tgl 6 Juli 2013 mendatang, dan sgt terbantukan dg adanya materi Prof. Deden.
    Ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan:
    1. apakah rumus Macauly duration utk kupon=YTM (sama dengan) dan kupon # YTM (tidak sama dengan) adl sama rumsnya?
    2. besar n (frekuensi pembayaran kupon) pd rumus kurs obligasi, apakah sisa waktu smp dg di call/put? ataukah yg sdh terealisasi (sdh dibayar kupon)? misal maturity 10thn, lalu dicall awal tahun ke-4, brp n??
    3. bgamana manual rumus geometric mean dg kalklator non-scientific (tnp ada fasilitas pangkat >2 atau akar >2). Karena dlm ujian WMI, soal ujian bersambung. Menghitung mean, varian, dst (spt kovarian, beta, CAPM). Apakah varian dst bs pake aritmatika mean (geometric mean dikorbankan)??

    Terima kasih atas jawabannya. Smg Prof Deden sekeluarga selalu sehat dan dalam lindunganNya.
    Amin

  49. Ass.Prof,, bisa minta tolong ngak?? sy kuliah d salah satu perguruan tinggi swasta,,di makassar sy butuh judul skripsi Manajemen Sumber Daya manusia. mohon bantuangnya ya Prof. Terima kasih sebelumnya.

    • Coba and liha di halaman depan site saya, di sana ada halam CONTOH JUDUL SKRIPSI & TESIS klik di bawahnya ada MSDM. Barangkali bisa bisa dijadikan sebagai inspirasi, dilihat ya………

  50. Agus Ramdani Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Negeri Siliwangi Prodi Magister Management
    Syarat Jadi Proffesor seperti Apa Pa???punten apa kuliahnya harus Linier ampe S3

  51. Assalamu’alaikum,

    Salam Prof. Deden, saya mahasiswa MM 2014 terimakasih 2 materi MSDM & SIM sudah saya download sehingga dapat saya pelajari dahulu untuk kemudian didiskusikan pada pembelajaran di kelas. mungkin masukan juga untuk dosen lain metodenya dapat seperti Prof sehingga pembelajaran akan lebih aktif. Thk Prof. Proud be a part of UNS (Universitas Negeri Siliwangi)

  52. Malam prof deden…bisakah materi SIM nya pake bhs indonesia…biar lebih mudah dicerna buat yang belum fasih dalam bahasa inggris…terimakasih…salam sukses slalu…Nyla MM 2014

  53. Assalamu’alaikum,
    Salam Prof. Deden. saya mahasiswa salah satu univ, di jember. sedang menempuh skripsi mengenai aset biologis tanaman kakao. dengan menggunakan metode discount cash flow untuk menentukan nilai wajar,
    tolong Prof, mohon contoh kasus perhitungannya untuk tanaman menghasilkan dan tanaman belum menghasilkan,..
    terimakasih🙂

  54. pak waktu muda dulu apasih yang memotivasi bapa untuk semangat dalam menuntut ilmu😀 dan bagaimana cara paling mudah menghilangkan rasa malas menurut bapa . trmks

  55. Alhamdulillah, modulnya sudah saya download beberapa MK,dan bermanfaat.mskipun saya baru masuk semester 1 MM, banyak membaca, langkah pertama memahami ilmu pengetahuan..trimakasih prof..

  56. assalammualaikum pak…
    saya mau tanya… saya baru lulus sarjana S1 manajemen yang berencana untuk melanjutkan pendidikan S2 magister manajemen (MM),katanya syarat jadi dosen itu harus yang linear,,apakah ini sudah bisa dianggap linear pak?soalnya saya pernah dengar kalau mau jadi dosen kita harus melanjutkan S2 magister sains ilmu manajemen..apakah itu benar pak??klu saya S2 MM apa masih bisa di katakan linear pak?mohon balasannya…terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikum salam wr.wbr.,
      Kalau ingin berkiprah jadi dosen, sebaiknya mengambil jalur sins, bisa saja ambil jalur profesi seperti MM, tapi nanti S3-nya harus mengambil jalur sains.
      Mengenai definisi linieritas itu sendiri sebetulnya masih belum ada nomenklatur yang jelas, sampai saat ini dosen yang melanjutkan studi pada jalur profesi masih bisa diikutsertakan dalam sertifikasi dosen. Hanya saran saya sebaiknya ambil jalur sains, dengan pertimbangan muatan teorinya tentu lebih sempurna dibandingkan dengan jalur profesi. Persyaratan untuk menjadi dosen (PNS)menutut seperti itu, kecuali kalau PTS mungkin tergantung kebijakan pengelola. Hanya tetap disaran kalau sebagai dosen dituntut untuk melanjutkan ke S3 untuk bisa meraih jabatan akademik tertinggi yaitu guru besar. Bagi yang berkiprah sebagai dosen menjadi guru besar merupakan fardu ain, karena melekat pada dirinya. Selamat berenung….hidup ini pilihan…make it’s easy…

  57. Prof maaf saya mau tanya.. kalau s1 saya dari hub internasional dgn gelar S.IP lalu saya mengambil s2 Magister Manajemen.. apa itu linear atau tidak? Jika mau ambil s3 jurusan apa yang hrs saya ambil supaya bisa mendaftar jd dosen? Terimakasih..

    • Sebaiknya untk S3nya mengambil HI supaya ajeg dengan S1, sehingga kalau sudah jadi dosen peluang anda mencapai jenjang karir tertinggi (Guru Besar) terbuka.

  58. Bapak saya fatiah dari manajemen B 2013
    Besok senin matkul TIP open book ga?
    Soalnya kemarin pada ga tau kalo MKI open book

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s